Nonton Dulu Videonya !

Selasa, 08 Januari 2008

Bung Rudy, Saya Ingin…(Komentar Pilihan Buku Janji2 & Komitmen SBY-JK edisi 2)

Bung Rudy, saya harap buku Anda ini dapat mengajarkan guru dan anak didik tentang kejujuran, sehingga guru tidak lagi disalahkan karena banyak melahirkan pejabat yang korup. Pejabat pasti pernah sekolah, Anda pasti sekolah. Mereka, Anda, dan saya bisa baca tulis dan pintar karena guru. Lalu mengapa begitu banyak orang yang tidak dapat menghargai guru, mengapa berbagai kebijakan yang muncul tidak untuk mensejahterakan guru? Mengapa SBY-JK menjadi lupa akan janji-janji mereka kepada guru?

Saya ingin tulisan Anda dan buku-buku Anda benar-benar menyentuh rasa nasionalisme yang berkepribadian timur dan bertanggung jawab untuk meluruskan moral para pejabat.

Bung Rudy, mungkin Anda akan berpikir apakah saya juga dapat menulis? Saya berani katakan “ya!”. Hanya saja keadaan saya saat ini tidak memungkinkan untuk menulis. Saya adalah mantan guru honorer yang dipandang sebelah mata. Keadaan ekonomi saya morat-marit: rumah tak punya, kendaraan tahun 87 (butut) lalu bagaimana saya dapat fokus menulis sehebat Anda jika keadaan saya seperti itu? Cuma, saya selalu dapat memberikan masukan kepada penulis profesional seperti Anda. Saya ingin agar Anda lebih berani mengungkap fakta dan data di negara kita ini demi anak bangsa.

Bung Rudy, saya juga ingin Anda memperjuangkan "dokrin keguruan yang hilang" dengan tidak adanya SPG, SGO dan SMOA. Saya tak percaya dengan guru sekarang yang sarjana namun tidak mengerti doktrin keguruan sehingga tidak memiliki jiwa guru yang sebenarnya. Hal ini juga pernah saya angkat di sebuah milis (mailing list) namun tak ada satu pun yang berani menanggapi.

Di zaman sekarang, banyak guru yang tidak memiliki jiwa keguruan. Mereka jadi guru bukan karena panggilan hati melainkan karena terpaksa (daripada nganggur). Sekarang ini banyak yang jadi guru harus pakai duit. Untuk naik pangkat, mereka juga harus rajin ngirim upeti. Saya yakin sebenarnya Anda tahu hal ini. Saya harap Anda bisa membuat buku tentang ini dan saya akan membantu Anda menunjukkan fakta-fakta.

Bung Rudy, saya tidak mau lagi menunggu janji-janji, berharap realisasi janji-janji dari siapapun bahkan dari orang nomor satu di republik ini. Saya hanya ingin Anda membangkitkan rakyat melalui tulisan-tulisan Anda, membangkitkan para guru, dan para guru akan membangkitkan anak didiknya. Dengan begitu, saya rasa kehidupan kita akan menjadi lebih baik.

Sutarman
Mantan guru honorer
Balikpapan, Kalimantan Timur

Tidak ada komentar: